Resep dan cara membuat PASTEL isi Ayam yang enak dan Gurih

Pastel merupakan makanan yang banyak di jual sebagai makanan ringan atau KUE. Pastel dengan menggunakan isi abon atau isi ayam di sebut juga Pastel Basah. Ada juga yang membuat pastel yang bentuknya kecil kecil tanpa isi yang biasa di sebut Pastel Kering Mini. Bahan utama pembuatan Kue Pastel adalah dari Tepung Terigu dan bahan isiannya.

Cara membuat Pastel cukup mudah tetapi membutuhkan sedikit waktu karena proses pembungkusan tepung dengan isi Pastel. Jika bunda tidak sempat membuatnya kue ini banyak di jual dipasar pada pagi hari. Ada juga yang menjual bersama dengan gorengan karena kue pastel ini dimasak dengan cara di goreng.


Kue Pastel sangat cocok di hidangkan jika bunda mengadakan acara arisan di rumah ataupun pada saat keluarga berkumpul. Untuk sarapan pagi juga baik karena kue Pastel terbuat dari bahan tepung dan ada isinya dari Abon ataupun Ayam yang dicampur dengan Wortel, buncis, daun bawang dan telur yang sudah di rebus. Bisa kita lihat isinya banyak macamnya bukan, pasti menyehatkan dan enak.

Resep dan cara membuat PASTEL isi Ayam yang enak dan Gurih

Bahan kulit :
250 gr tepung terigu segitiga
100 gr margarin merk blueband
1 butir telur
1-1 1/2 sdt garam (sesuai selera)
50 ml air es (di tuang sedikit demi sedikit, kalo udah Kalis berhenti ya)
Minyak untuk menggoreng

Bahan isi :
  • 200 gr daging ayam cincang
  • 100 gr wortel, iris dadu 1/2 cm
  • 75 gr buncis, potong2
  • 2 batang daun bawang, rajang halus
  • 2 butir telur, di rebus, kupas.(1 telur bagi 10)
  • 1 sdt maizena, campur cdg sedikit susu
  • 100 ml susu cair
  • 3 butir bawang merah, di rajang halus
  • 5 siung bawput & 2 bawmer di uleg halus
  • 1/2 sdt merica
  • 1/4 sdt pala
  • Garam dan gulpas sesuai selera (saya lebih suka gulanya lebih banyak, buat seimbangkan rasa gurih nya kulit)

Cara membuat :
  1. Kulit : campur margarin dan tepung segitiga jadi satu, sampai terbentuk remahan. Kocok lepas telur dan garam. Campurkan kedalam tepung terigu. Aduk sambil tuangi air sedikit demi sedikit sampai rata. Uleni adonan sebentar (satu atau dua kali tekan) bulatkan. Bungkus dengan selembar plastik. Istirahatkan 30 menit
  2. Isi : tumis bumbu halus, Masukkan ayam cincang, sampai berubah warna. Lalu masukkan wortel, buncis dan bawang merah rajang. Aduk rata.masukkan garam, gula dan daun bawang, aduk rata lagi. Terakhir masukkan susu cair dan 1 sdt maizena yg sdh di campur dg sedikit susu cair. Biarkan sampai menyusut. Koreksi rasa. Angkat
  3. Gilas adonan, kurleb setebal 1/4 cm, cetak bentuk bundar diameter 10 cm
  4. Ambil selembar adonan, beri 2 sdm isi di tengah nya, beri irisan telur. Lipat berbentuk setengah lingkaran, cubit2 ujung pinggiran (bisa pakai garpu, dg cara menekan2 pinggirannya sampai rapat)
  5. Goreng dalam minyak banyak, dengan panas sedang. Sampai kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.

Bahan bahan Pastel Basah di atas bisa bunda buat menjadi 18 buah. Jangan membuat terlalu banyak karena Pastel isi ini cukup memakan beberapa Pastel saja sudah terasa kenyang. Silahkan bunda coba resep di atas dan jika bunda masih merasa binggung silahkan ditanyakan pada kolom komentar untuk saling berbagi tentang resep masakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel