Resep cara membuat Ayam Kentucky KFC yang renyah dan empuk

Racikanbumbu.com - Ayam Kentucky atau yang sering kita lihat dengan singkatan KFC (Kentucky Fried Chicken). Makanan ini di era moderen ini banyak di sukai banyak orang, mulai anak-anak hingga orang dewasa, tak heran jika kita lihat banyak yang membuat usaha kecil membuat Ayam Kentucky ini. Bahan utama dalam pembuatannya sangat berpengaruh terhadap cita rasa makanan ini, maka dari itu kita harus benar benar mempersiapkan semua bahan dan bumbu yan benar, yuk kita coba membuat Ayam Kentucky KFC yang renyah dengan mudah dan cepat.


Resep cara membuat Ayam Kentucky KFC yang renyah dan empuk

Bahan -Bahan :
  • Ayam (1/2 kg). Untuk daerah Indonesia ayam horn atau broiler adalah jenis yang paling banyak disukai karena dagingnya yang lebih empuk. Dan agar kualitasnya terjamin, apalagi untuk usaha bisnis kuliner maka sebaiknya beli yang hidup dan potong sendiri.
  • Bawang putih kira-kira 2 siung sebagai penambah aromanya ketika digoreng.
  • Minyak goreng yang padat sebaiknya sebanyak 1 liter untuk menggoreng ayam agar lebih renyah.
  • Lada atau nama lainnya merica halus 1 sdt
  • Garam dapur 1 sdt.
Bahan tepung Ayam Kentucky KFC
  • Bahan penempel tepung. Bahan ini intinya adalah kocokan telur hanya saja untuk menambah rasa dan baunya saat matang, perlu ditambahkan bumbu petsin, lada, dan garam. Selain itu untuk tips renyahnya tetap tambahkan tepung terigu 150 gr dan maizena 20 gr serta baking soda. Sedangkan air di sini digunakan hanya sebagai penambah kalau seandainya terlalu padat. Tapi kami sarankan agar jangan sampai encer karena hanya akan merusak lapisan luar ayamnya. Dan untuk takarannya sendiri baiknya sesuaikan dengan selera dengan terus melakukan percobaan.
  • Bahan Tepung Kering. Ini hampir sama dengan penempelnya di atas, hanya saja ditambahkan perasa kaldu bubuk serta bawah putih untuk aromanya. Adapun tepung terigunya 4 banding 1 dengan tepung maizena. Di sini tak perlu menggunakan air sebab setelah dicelup di bahan pertama langsung menggunakan tepung kering ini.
Proses Resep Cara Membuat Ayam Kentucky KFC yang renyah dan empuk
  1. Aduk semua bahan penempel pertama dan untuk mendapatkan kerenyahannya sebaiknya masukkan dulu ke dalam lemari es. 
  2. Siapkan pula ayam yang masih segar dengan melumuri lada, bawah putih dan sedikit garam. Dan diamkan selama sepuluh menit.
  3. Jika sudah cukup waktunya mulailah meramu pelapis keringnya dan gunakan pertama kali melumuri daging yang sudah dibumbui tadi.
  4. Setelah itu masukkan ke pelapis basah yang dari telur tadi dan ulangi lagi dengan menutup dengan tepung kering di bagian luarnya seperti langkah sebelumnya.
  5. Jika sudah terlumuri semua, maka selanjutnya tinggal pukul-pukul di pinggir piring agar tepung yang tidak menempel dengan baik tidak ikut mengotori minyak. dan ayam kfc pun siap digoreng hingga berwarna kekuning-kuningan.
Bagaimana sudah di coba di rumah, para bunda tidak perlu repot-repot beli keluar rumah, siapkan saja potongan ayam di dalam kulkas, dan membuat Ayam Kentucky dengan mudah di rumah sendiri. Terimakasih buat sahabat setia racikanbumbu.com yang sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel