Resep bubur SUMSUM Lembut dilidah dan rasanya disukai anak anak

Bagaimana cara membuat bubur sumsum yang enak, lezat, lembut di lidah dan gurih rasanya. Bubur sumsum banyak diminati oleh anak anak maupun orang dewasa karena kandungan gizi pada bubur sumsum sangat baik untuk kesehatan. Bubur sumsum banyak dijual di pasar ataupun warung yang memang menjual bubur sumsum. Untuk bunda yang memiliki keluarga banyak jika membelu bubur sumsum pasti mengeluarkan dana yang cukup banyak.

Dengan membuat bubur sumsum sendiri maka dana yang dikeluarkan tidaklah banyak dan bunda bisa menentukan berapa banyak bubur sumsum yang akan dibuat agar anak anak dan suami tetap bisa menikmati. Rasa dalam pembuatan bubur sumsum sangat mempengaruhi hasilnya. Kelembutan dan tingkat gurihnya bubur sumsum juga bisa menarik perhatian anak anak untuk mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Kali ini bunda racikanbumbu.com berbagi cara membuat bubur sumsum yang bisa bunda contoh saat membuatnya dirumah. Bahan utama membuat bubur sumsum adalah Tepung Beras, Santan, Air, Gula Pasir, Daun Pandan, Garam dan Gula. Cara membuatnya sudah dijelaskan pada artikel ini, silahkan bunda perhatikan. Pada dasarnya bahan dan cara membuat bubur sumsum tidak ada perbedaan tetapi racikan bumbunya jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak supaya rasanya tetap pas dilidah.

Cara membuat bubur sumsum yang lembut dilidah dan gurih rasanya.

Bahan bubur Sumsum :
  • Tepung beras 125 gram
  • Santan (kara kecil/sun) 2 bungkus
  • Air 1000 ml/ secukupnya
  • Gula pasir 2 sdm/ secukupnya
  • Daun pandan 3 lembar (buat simpul)
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 3 keping

Cara membuat bubur sumsum yang Enak :
  1. Campurkan 125 gram tepung beras ke dalam air kira kira 500 gram. Aduk sampai larut sempurna. Cara ini bisa mencegah bubur matang tidak merata atau grindil. Sisihkan.
  2. Panaskan santan di atas api kecil sampai mendidih. Masukkan gula pasir bersama daun pandan ke dalam santan.
  3. Jangan lupa tambahkan garam sedikit saja. rasakan terlebih dahulu agar rasanya pas.
  4. Aduk sekali lagi campuran tepung beras dan air tadi baru masukkan ke dalam panci bersama santan. Aduk terus sampai bubur meletup. Tambahkan air jika perlu untuk mencegah bubur grindil dan mengeras. Rasakan sekali lagi.
  5. Buat kuah gula. Didihkan air kira kira 500 ml. Tambahkan daun pandan dan air ke dalamnya. Masukkan gula jawa.
  6. Aduk terus sampai gula luruh sempurna. Tambahkan sedikit garam ke dalam kuah agar lebih gurih.
  7. Sajikan bubur sumsum di dalam mangkok. Tuangkan kuah gula merah di atasnya.
  8. Siap dihidangkan dan disantap bersama keluarga.

Untuk takaran pembuatan bubur sumsum saya rekomendasikan bunda sesuai takaran pada artikel ini supaya rasanya tetap terjaga tidak terlalu manis ataupun kekurangan gula. Jika bunda rasa masih kurang rasa manisnya maka bunda bisa menambahkan gula merahnya saat di tuangkan pada bubur sumsum. Selamat menikmati bubur sumsum bersama keluarga di rumah bunda dan semoga sukses pembuatannya.