Resep Nasi Lengko Khas Cirebon yang Enak dan Mudah Dicoba Buat Sendiri

Racikanbumbu.Com - Siapa yang pernah makan nasi lengko atau sega lengko? Sebagian orang sudah pernah mencicipi atau menikmatinya karena ada banyak di daerahnya, namun sebagian lagi belum pernah atau bahkan tidak tahu apa itu nasi lengko? Nah, nasi lengko sendiri merupakan makanan khas asli kota Cirebon, Jawa Barat. Resep nasi lengko khas Cirebon yang nikmat ini mudah dicoba untuk dibuat sendiri dirumah.

Nasi lengko termasuk kedalam deretan makanan sederhana yang sehat. Mengapa? Karena bahan bahan nasi lengko sarat akan protein dan karbohidrat sekaligus rendah kalori. Ya, bahan bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah 100% nonhewani. Selain sehat, Anda juga tidak akan kesulitan untuk menemui berbagai bahan yang dibutuhkan tersebut karena semuanya mudah ditemukan dimana mana di Indonesia.

Apa saja sih bahan membuat nasi lengko? Beberapa diantaranya adalah tahu, tempe, tauge, timun, seledri, daun bawang dan lain sebagainya. Adanya paduan saus kacang akan membuat cita rasanya yang semakin gurih. Anda juga bisa menambahkan bahan pelengkap seperti kerupuk keriting putih jika suka. Atau kalau Anda suka masakan pedas, bisa juga nih dipadukan dengan sambal rawit.

Mau buat nasi lengko dirumah, nah, Anda bisa ikuti resep cara membuat nasi lengko khas Cirebon yang enak di bawah ini. Yuk simak.

Resep Nasi Lengko Khas Cirebon yang Enak dan Mudah Dicoba Buat Sendiri


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Nasi putih
  • Tempe
  • Tahu
  • Taoge yang sudah direndam dengan air panas sebentar
  • Mentimun

Bahan untuk bumbu kacang :
  • Kacang tanah
  • Kemiri 3 butir
  • Garam
  • Air
  • Kecap manis
  • Cabe merah 5 buah
  • Bawang putih 5 siung

Bahan pelengkap :
  • Bawang goreng
  • Kerupuk

Cara membuat Nasi Lengko :
  1. Pertama tama silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi lengko seperti yang sudah disebutkan pada bagian diatas. 
  2. Setelah semua bahan sudah siap, mari kita mulai membuat yang diawali dengan menggoreng tahu dan tempe terlebih dahulu
  3. Bawang putih, cabe, kemiri dan kacang di goreng.
  4. Lalu bumbu yang sudah digoreng tersebut dihaluskan, bisa menggunakan blender atau diulek secara manual.
  5. Langkah selanjutnya, silahkan siapkan wajan dan masukkan minyak. Goreng kembali bumbu halus. Tambahkan air satu gelas dan aduk aduk. Jangan lupa masukkan gula merah yang sudah diiris iris.
  6. Masukkan juga kecap manis dan garam lalu biarkan hingga mengental. Jika sudah silahkan angkat.
  7. Berikutnya tinggal tahap penyajian nih. Ambil piring dengan nasi diatasnya. Beri remahan kerupuk, timun, taoge, tempe dan tahu. Lalu siram diatasnya dengan bumbu kacang. 
  8. Jangan lupa taburi dengan bawang goreng atau ditambah kecap sesuai dengan selera Anda. Terima kasih sudah berkunjunng ke racikanbumbu.com

Inilah informasi selengkapnya yang membahas resep cara membuat nasi lengko khas Cirebon yang enak dan mudah dicoba dirumah. Di beberapa kota seperti kota Cirebon itu sendiri, nasi lengko merupakan sajian yang terkenal. Bagaimana di daerah Anda, apakah ada yang jual nasi lengko juga? Jika tidak ada, jangan risau karena Anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Nasi lengko cocok banget jadi menu sarapan pagi andalan, selain karena termasuk makanan yang sehat cara membuat dan bahan lauk pelengkapnya juga sederhana. Berbeda dengan pecel nasi lengko memiliki cita rasa yang lebih tawar dengan tekstur masakan yang lebih garing. Sayang banget untuk dilewatkan khususnya jika Anda merupakan penduduk kota Cirebon. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel