Resep dan cara membuat Nasi Tumpeng Ulang Tahun yang Gurih

Ulang Tahun di kecil inggin membuat Tumpeng Sendiri !!! tentu bisa bunda dengan mengikuti cara membuat Tumpeng Ulang Tahun di bawah ini bunda sudah bisa membuat tumpeng sendiri. Berbeda dengan memasak nasi biasa karena saat membuat Nasi Tumpeng kita akan membuat nasi tersebut menjadi Gurih dan berwarna kuning. Tehnik pembuatan Nasi Tumpeng ulang tahun tidak jauh berbeda dengan nasi tumpeng lainnya. Hanya saja bunda bisa berkreasi sendiri untuk menyusun bentuk Tumpengnya.


Pada resep kali ini tidak ada cara penyusunan atau membentuk Tumpeng Ulang Tahun bunda mtetapi kita lebih ke Nasi yang akan dimakan anak anak pada saat perayaan ulang tahun. Hasil akhir nasi yang gurih dan enak akan memberikan kenangan tersendiri pada saat keluarga berkumpul ikut merayakan ulang tahun. Bahan utamanya sudah pasti Beras Putih dan Beras Ketan, Santan dan bahan bahan pendukung lainnya. Yuk bunda langsung saja kita lihat bagaimana cara membuat Nasi Tumpeng Ulang Tahun yang Gurih.

Resep dan cara membuat Nasi Tumpeng Ulang Tahun yang Gurih

Bahan bahan :
10 porsi
  • 800 gram beras putih
  • 200 gram beras ketan
  • 1200 santan
  • 1 sdm kunyit halus
  • 2 sdm garam
  • 4 lembar daun salam
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 batang sereh
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 2 lembar daun jeruk (tambahan saya)

Cara membuat :
Waktu : 120 menit
  1. Campur beras dan beras ketan, cuci bersih, tiriskan dan kukus (saya kukus 20 menit)
  2. Masak santan dengan daun salam kunyit bubuk, pandan, serai dan daun jeruk. Tambahkan garam. Masak hingga mendidih (kunyit tidak saya saring, karena tidak ada ampasnya)
  3. Masukkan beras yang masih panas kedalam santan aduk rata. Biarkan santan terserap habis. Dan beras menjadi aron, tuangi air jeruk nipis. Aduk rata
  4. Kukus beras aron selama 20 menit (saya >35 menit, karena lebih banyak).
  5. Cetak dengan cetakan tumpeng yang ujungnya lancip. Dan hidangkan dengan pelengkap
  6. Pelengkap nasi saya kali ini tidak banyak. Hanya kering tempe teri kacang (sisa acara gathering), telur rebus yang saya bentuk burung, ayam goreng dan perkedel kentang juga mie goreng. Untuk resep bisa di klik di link cookpad yang ada di cerita dibalik resep

Resep nasi Tumpeng Ulang Tahun di atas dibuat oleh bunda Fitri Sasmaya. Jika bunda memiliki resep yang lebih unik dan enak bisa melampirkan dikolom komentar supaya bisa berbagi dengan bunda lainnya. Semoga bermanfaat Resep dan cara membuat Nasi Tumpeng Ulang Tahun untuk bunda semuannya. Bunda juga bisa membagikan ke Facebook, Twitter, BBM, Instagram dan WA supaya resep ini tersimpan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel