Resep Kue PUKIS Empuk dengan olesan Margarin dan Meses Ceres

Kue Pukis adalah Kue yang berasal dari negara Indonesia yaitu bahan campuran antara Tepung Terigu, Gula Pasir, Telur, Santan dan Ragi. Kue ini di panggang menggunakan cetakan kue di atas api tetapi bukan oven. Resep Kue Pukis bisa bunda dapatkan di berbagai blog atau web masakan yang ada di Google. Resep dan cara membuatnya bervariasi tergantung selera dan rasa pembuatnya.

Resep dan Cara membuat Kue PUKIS ini saya dapatkan dari blog cookpad yang cukup terkenal. Semua resep disana disediakan oleh bunda dari berbagai daerah di indonesia. Resep Pukis empuk dengan olesan Margarin dan Meses Ceres warna warni semakin menambah ketertarikan anak anak dan keluarga untuk menikmatinya.


Kue Pukis ini sebenarnya banyak di jual di pasar saat pagi hari, di toko kue dan ada pula yang menjual di Pasar Malam. Rasanya cukup mengoda di lidah, selain empuk ternyata rasa manisnya cukup enak. Ditambah lagi jika taburan di atasnya menggunakan margarin dan mese Ceres maka rasanya akan semakin manis.

Resep Kue PUKIS Empuk dengan olesan Margarin dan Meses Ceres

Bahan biang :
25 gram tepung terigu serbaguna
1 sdt ragi instan (fermipan)
50 ml air

Bahan Adonan :

  • 3 butir telur ayam
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt pasta vanila
  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 300 ml santan (Bunda bisa pakai Kara 200 ml ditambah air hingga 300 ml)
  • 1 sdt garam
  • 50 ml minyak goreng
  • Topping Sesuai selera


Cara Membuat :

  1. Langkah pertama Campur jadi satu bahan biang, aduk rata lalu diamkan sekitar 15-20 menit.
  2. Selanjutnya Mixer telur, gula pasir dan pasta vanila hingga kental dan masukkan bahan biang.
  3. Masih menggunakan mixer, masukkan tepung terigu yg sudah di ayak bergantian dengan santan yg sudah diberi garam lalu masukkan minyak goreng dan aduk hingga rata.
  4. Berikutnya diamkan adonan selama 1 jam (saya tutup pake cling wrap)
  5. Setelah 1 jam adonan siap dimasak menggunakan cetakan pukis yang sudah di siapkan, aduk sebentar sebelum dituang ke cetakan.
  6. Bunda bisa bagi dua adonan, yg sebagian di beri pasta pandan kurleb 1/2 sdt aduk rata.
  7. Langkah selanjutnya tuang adonan pukis ke dalam cetakan lalu tutup, gunakan api kecil saat memasak supaya tidak cepat hangus, Jika pakai cetakan pukis anti lengket gak perlu dioles margarin lagi ya.
  8. Jika bagian atas pukis sudah mulai berbuih bisa diberi topping sesuai selera, lalu tutup lagi sebentar hingga bagian atas set tanda pukis sudah matang, Selanjutnya Setelah di angkat oleskan bagian sisi pukis dengan sedikit margarin.
  9. Kue pukis siap disajikan untuk keluarga di rumah.
  10. Yang warna Hijo bunda bisa menggunakan mesis warna warni.


Cukup mudah bukan bunda untuk membuat Kue Pukis yang empuk untuk Keluarga besar di rumah. Selain dapat di sajikan pagi hari saat sarapan, kue pukis juga bisa bunda sajikan pada saat bersantai menonton televisi. Kue Pukis ini selain makanan keluarga dapat juga untuk bisnis jualan bunda. Menambah penghasilan keluarga dengan membuka usaha kecil kecilan di depan rumah.

Bahan kuenya cukup mudah bunda dapatkan di minimarket terdekat ataupun pasar tradisional. Untuk rasanya bunda tinggal sesuaikan gulannya supaya rasanya jangan terlalu manis. Selamat mencoba membuat Kue Pukisnya bunda, semoga artikel ini bermanfaat dan jika bunda punya resep masakan kue yang enak bisa mengirim ke Email admin. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel