Resep masakan URAP Tempe Kelapa Parut Spesial ala bunda Dianna

Urap adalah berupa sayuran yang dimasak dan dicampur dengan kelapa parut yang dibumbui sebagai citarasa yang enak. Urap termasuk masakan jawa yang dikonsumsi tanpa daging dan sangat menyehatkan untuk tubuh. Urap biasanya disandingkan dengan Tumpeng Jawa dan bisa juga bersama Nasi Kuning.

Sayuran yang biasanya dibuat untuk urap adalah bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya muda, kacang panjang, taoge, dan kubis. Tetapi sebagian rumah tanggal lebih memilih membuat urap dengan kelapa parut yang masih segar dan masih kaya akan santan. Kelapa parut memberikan rasa Gurih yang cukup membuat bunda inggin tambah lagi.


Kali ini racikanbumbu.com berbagi masakan Urap dari Kelapa yang diparut Kasar dan di campur dengan tempe yang sudah dikukus. Untuk mendapatkan bahan bahannya cukup mudah dan cara membuatnyapun bunda tidak membutuhkan banyak bahan. Dilihat dari gambarnya cukup enak dan lezat, jika bunda penasaran bagaimana cara membuatnya bisa lihat resepnya dibawah ini.

Resep masakan URAP tempe spesial ala sis DiannaFoodDiary

Bahan bahan :
  • 100 gr tempe semangit/tempe yang baru dan dikukus.
  • 50 gr kelapa ½ tua parut kasar
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai rawit
  • 1/2 ruas jari kencur
  • daun jeruk
  • sedikit asam matang
  • secukupnya gula merah & garam

Cara membuat :
  1. Dalam cobek haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, kecur dan garam kemudian tambahkan gula merah. Ulek kembali hingga rata.
  2. Tambahkan daun jeruk yang sdh disobek sobek dan kemudian tekan tekan dengan ulekan supaya aromanya keluar (jangan diulek ya mom's krn nanti bisa jadi getir/pahit rasanya)
  3. Tambahkan kelapa parut, aduk rata kemudian cek rasa (harus agak kuat manis asin nya karena nanti masih akan ditambah tempe)
  4. Rasa sudah enak masukkan tempe kukus kemudian penyet dengan ulekan dan campur hingga rata
  5. Cek lagi rasanya untuk memastikan tidak ada kekurangan rasanya.
  6. Rasa oke, urap tempe siap dihidangkan
  7. Dinikmati bersama nasi pulen hangat dan lalapan. kalau ada ditambah ikan asin goreng lebih mantap.

Nah itu adalah Resep Urap Tempe Spesial yang rasanya Gurih dan enak dilidah. Bunda boleh mencobanyak saat dinikmati makan malam bersama suami dan anak anak. Untuk rasa bunda tinggal sesuaikan bahan bahannya termasuk tingkat kepedasannya. Apabila anak dan suami tidak suka pedas tetap bisa menikmati Urap Tempe Kelapa Parut Spesial yang diciptakan oleh bunda Dianna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel