Resep dan cara membuat PISANG GAPIT yang Empuk dan Manis

Pisang Gapit adalah makanan khas dari Kalimantan Timur dimana bahan dasarnya adakah Pisang. Pisang gapit dibuat dengan cara digapit dan di panggang dimana dikalimantan yang banyak kita jumpai adalah di daerah Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Bontang, Sanggata dan tempat tempat lainnya. Pisang Gapit dijual cukup murah, hanya dengan 10.000 bunda sudah mendapatkan sebungkus pisang gapit. Ada juga yang harganya dibawah itu berdasarkan jumlah pisang yang dihidangkan.


Untuk membuat Pisang Gapit bunda bisa membuatnya dari beberapa pisang seperti Pisang Raja. Ada berbagai macam pisang Raja tetapi bunda sesuaikan saja dengan pisang yang bunda punya. Disini yang kita buat adalah menggunakan pisang Kepok. Namanya pisang sudah tentu manis apalagi ditambah dengan margarin dan gula merah. Menjadi lebih enak dan gurih pisang gapit karena ada campuran santannya. Penasaran bagaimana cara membuat Pisang Gapit, yuk kita praktekkan bunda.

Resep dan cara membuat PISANG GAPIT yang Empuk dan Manis

Bahan bahan :

  • 10 buah pisang kepok, Pakai pisang yang mengkal
  • 1 sdm margarin

Saus kinca :
  • 500 ml santan, Pakai 1 sachet santan instan ditambah air
  • 100 gram gula merah di iris-iris
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm maizena
  • 2 lembar daun pandan

Cara membuat :
  1. Pipihkan pisang dengan bantuan spatula kayu. Panaskan wajan teflon dan oles dengan margarin, panggang pisang hingga kedua sisinya kecoklatan
  2. Buat saus kinca dengan cara rebus santan, pandan, gula merah dan garam sambil diaduk sesekali. larutkan maizena dengan sedikit air, tuang ke dalam panci saus, aduk rata dan masak hingga mendidih
  3. Tata pisang di piring, siram dengan saus kinca, sajikan saat masih hangat.

Bagi bunda yang belum merasakan Pisang Gapit yuk mampir ke kota Samarinda tempat saya tinggal. Jika lokasi bunda jauh di seberang lautan, bunda bisa membuat sendiri di rumah. Makanan ringan ini cukup mengenyagkan tetapi bergizi. Jadi jika bunda menyediakan Pisang Gapit di saat keluarga sudah makan malam maka dimungkinkan banyak yang tidak menyukainya. Bunda bisa hidangkan pisang gapit saat melewati beberapa jam setelah makan atau menyediakannya terlebih dahulu saat sore hari atau pagi hari untuk sarapan. Selamat mencoba membuat Pisang Gapit bunda, semoga berhasil dan disukai keluarga dirumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel