Resep dan cara membuat Keripik Singkong Balado yang Renyah dan Gurih

Keripik Singkong adalah makanan sejenis kerupuk tetapi namanya tetap keripik yang terbuat dari singkong. Rasanya renyah dan gurih, saya biasa membelinya saat malam hari tiba yang dijual oleh abang atau paklek Keripik. Rasa keripik ada bermacam macam seperti Rasa Manis, Rasa Asin Rasa Pedas dan rasa aslinya singkong. Selain membeli sama paklek Keripik bunda juga bisa membuat sendiri Keripik singkong Balado di rumah.


Makanan ringan ini paling disukai keluarga saat sedang menonton televisi atau sedang santai membaca koran di teras rumah. Rasanya yang gurih dan renyah membuat penasaran dan ketagihan inggin terus menikmati Keripik Singkong. Kali ini Racikanbumbu.Com berbagi resep Keripik Singkong Balado yang pedas yang resepnya dibuat oleh bunda Imas Pertiwi. Yuk langsung saja bunda coba buat Keriping Singkong Baladonya !!!

Resep dan cara membuat Keripik Singkong Balado yang Renyah dan Gurih

Bahan bahan :
  • 1,5 kg Singkong
  • 100 gram Cabai Merah
  • 7 biji Cabai Setan
  • 2 siung Bawang Putih
  • 3 sdm Gula Pasir/Jawa
  • 1 sdm Garam
  • 0,5 liter Minyak
  • 2 sdm Baking Powder
  • Secukupnya Air Hangat

Cara Membuat :
  1. Kupas singkong, lalu cuci bersih. Saya tidak tau pasti berapa beratnya soalnya singkongnya besar ya dikira-kira 1,5 kg apa 2 kg mungkin.
  2. Iris tipis, Jika saya sih diserut aja biar cepet dan itu juga pegel banget.
  3. Jika sudah rendam singkong tadi pakai air hangat yang udah dicampur Bawang Putih sama garam. Diamkan 1 jam.
  4. Siapkan cabai dan bawang putih lalu haluskan.
  5. Jika sudah 1 jam atau lebih juga boleh, Jika tadi saya lebih hehe. Goreng singkong sampai keemasan, lama banget penggorengannya dan musti sabar yaaa haha
  6. Blender aku mati jadi aku pake cobek. Panaskan minyak dan tumis sambal tadi sampe harum lalu tambahkan gula jawa dan jika udh larut tambahkan air 1/2 gelas belimbing.
  7. Matikan api dan tumis atau gongso singkong yang udah digoreng tadi sampai tercampur rata. Siap deh untuk dimakan.
  8. Saya buat 2 variasi soalnya wajan saya tidak cukup buat keripik sebanyak itu hahaha
  9. Ini enak banget, kayak yang dijual di mbak mbak penjual keripik pedas semacam ini. Dijamin asli enak. Selamat mencobaa.

Gimana bunda, cukup mudah bukan cara membuat Keripik Singkong Baladonya. Dari tampilannya saja sudah membuat air liur menetes. Biar di sayang suami  dan anak anak dirumah bunda bisa mencobanya dan jika ada yang kurang jelas silahkan bunda tanyakan di kolom komentar Facebook untuk saring berbagi pengalaman. Jikapun artikel atau resep ini bermanfaat bunda bisa share ke medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter, BBM dan WhatApp.