Resep CILOK kenyal dari Tepung Tapioka dan Tepung Terigu

Cilok adalah makanan khas yang berasal dari daerah Jawa Barat yang terbuat dari tepung Tapioka dan bisa juga dari Tepung Terigu. Cilok bisa dinikmati menggunakan sambal, saus ataupun bumbu kacang. Cilok bentuknya bulat seperti bakso dan rasanya kenyal saat dikonsumsi. Cilok banyak disukai anak anak dan orang dewasa juga sangat menyukai Cilok. Dengan jajanan sederhana ini maka cukup mudah kita mendapatkannya. Terkadang Paklek Cilok juga lewat depan rumah.


Seperti sudah dijelaskan bahwa Cilok terbuat dari bahan dasar Tepung Tapioka ditambah lagi dari beberapa bahan lainnya seperti Daun Bawang, Daun Sop, Bawang Putih, Merica dan bahan bahan lainnya. Cara membuatnya cukup mudah dan simpel karena hanya melakukan beberapa tahapan mulai membuat adonan, membentuk menjadi bulat bulat dan terakhir merebusnya seperti membuat pentol bakso. Penasaran inggin membuat Cilok Bunda, yuk kita lihat caranya dibawah ini.

Resep CILOK kenyal dari Tepung Tapioka dan Tepung Terigu

Bahan bahan :
Untuk 1 porsi
  • 150 gram tepung tapioka
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 batang daun bawang,iris halus
  • 2 batang daun sop/seledri,iris halus
  • 2 kaldu blok (saya pakai merk Indofood)
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 250 ml air

Cara membuat :
  1. Campur air, merica, bawang putih bubuk dan kaldu blok. Masak hingga mendidih dan Sambil menunggu mendidih campurkan teping terigu, tepung tapioka, irisan daun bawang dan seledri aduk rata. Setelah air mendidih, masukkan kedalam campuran tepung tadi. Aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
  2. Taburi tangan dengan sedikit tepung tapioka, bentuk bulat kecil adonan cilok. Masak air rebusan hingga mendidih, lalu masukkan cilok. Rebus hingga terapung dan angkan dan Jadi deh Ciloknya.
  3. Untuk kuah, saya pakai kuah kacang sisa dari bumbu sate yang diberi air supaya agak encer dan untuk rasa pedasnya silahkan bunda sesuaikan saja lomboknya.

Nah itu adalah cara membuat CILOK dari bahan dasar Tepung tapioka dan Tepung Terigu yang rasanya kenyal. Cara di atas adalah cara sederhana, bunda bisa mengembangkan sendiri ukuran bumbu atau bahan bahannya agar lebih enak. Lakukan percobaan beberapa kali apabila bunda inggin menjual CILOK, bilaperlu setiap membuat berikan secara Gratis ke tetangga untuk merasakan apakah rasanya sudah enak atau belum. Dengan mengetahui kualitas CILOK maka jika dijual banyak sekali yang akan membeli. Selamat mencoba bunda, semoga berhasil.