Resep dan Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah

Wajik ketan gula merah adalah jenis kue yang terbuat dari ketan. Warnanya merah tua dan rasanya manis karena ada bahan gula merah saat membuatnya. Kali ini wajik yang bunda buat terbuat dari bahan beras ketan putih yang sudah direndam selama satu jam untuk lebih melunakkan pada saat dikukus. Santan dari buah kelapa sebanyak satu buah, gula merah, garam dan daun pandan.


Cara membuat wajiknya orang jawa cukup enak rasanya. Saya adalah penyuka wajik karena rasanya yang manis dan jika ada acara selamatan sudah pasti jajanan wajik ada. Rasanya berbeda beda tergantung takaran gula yang diberikan. Beras ketan yang direbus dan dicampur dengan santan kelapa hingga meresap habis. Santan kelapa yang membuat rasa gurih pada wajik juga perlu diperhatikan takarannya agar semakin nikmat rasa wajiknya.

Resep dan Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah

Bahan :

  • 300 gr beras ketan putih, rendan selama 1 jam
  • 200 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 125 ml air
  • 200 gr gula merah sisir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Wajik Gula Merah :
  1. Kukus beras ketan selama 15 menit hingga mekar lalu angkat dan sisihkan.
  2. Rebus air dan daun pandan hingga mendidih, masukkan beras ketan, lalu aduk dan masak hingga air meresap.
  3. Kukus beras ketan selama 20 menit hingga 3/4 matang, kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Rebus gula merah, santan dan garam hingga larut dan sedikit kental. Masukkan ketan kukus lalu masak dengan api kecil sambil di aduk aduk perlahan hingga meresap dan kering.
  5. Tuang di dalam loyang yang telah di alasi dengan daun pisang, padatkan lalu dinginkan dengan suhu ruang.
  6. Potong potong wajik sesuai dengan selera anda

Selain jajanan yang dijual dipasar dan menjadi jajanan saat ada acara selamatan ternyata wajik juga enak dinikmati bersama keluarga. Saat santai menonton televisi dan ditemani secangkir kopi maka kenikmatan wajik semakin dapat dirasakan. Yuk dicoba bunda membuat wajik untuk keluarga biar semakin disayang suami dan anak anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel